Menu

Pawai Hari Jadi Kabupaten Bantul ke-187

Pawai Hari Jadi Kabupaten Bantul ke-187 berlangsung pada Jumat, 20 Juli 2018, dimulai di depan Rumah Dinas Bupati Bantul. Pawai ini diikuti oleh perwakilan semua kecamatan yang ada di wilayah administratif Kabupaten Bantul.

pawai hari jadi kabupaten bantul adik bingung wanderingjava

Awalnya, saya berniat ke Pantai Parangkusumo untuk melihat ombak tinggi yang selama dua hari terakhir menerjang kawasan pesisir selatan Jawa. Tetapi, di perempatan Manding (sebelah selatan Pasar Seni Gabusan), saat berhenti di perempatan, saya melihat mobil hias.

pawai hari jadi kabupaten bantul jathilan remaja wanderingjava

Saya mau belok kanan, tetapi sudah terlanjur ambil haluan untuk lurus. Ketimbang ditabrak, saya lurus saja. Setelah berhenti sebentar di perempatan Bakulan dan memeriksa ponsel, saya putuskan belok kanan. Benar saja: jalan menuju rumah Dinas Bupati Bantul sudah ramai.

pawai hari jadi kabupaten bantul cantik wanderingjava

Ini di luar rencana, tetapi akhirnya saya memutuskan untuk memotret Pawai Hari Jadi Kabupaten Bantul saja. Ke pantai bisa lain hari. Walaupun awalnya saya tidak tahu hari jadi yang keberapa, saya coba ikut arus saja dan masuk lapangan.

Sedang asyik memotret, tiba-tiba Pak Dukuh kampung halaman saya menyapa. Wah, malah bertemu tetangga. Menurut Pak Dukuh, semua kecamatan di Bantul ikut serta dalam pawai ini. Piyungan juga ikut mengirimkan satu rombongan bregodo.

pawai hari jadi kabupaten bantul bregodo piyungan wanderingjava

Awalnya, saya kira rombongan bregodo ini berisi warga masyarakat dan kelompok kesenian. Tetapi kemudian saya amati bahwa peserta dari Piyungan yang berjalan kaki adalah beberapa orang dukuh, perangkat desa, dan mungkin pegawai kantor kecamatan. Wah, “pawai para elit”, pikir saya.

pawai hari jadi kabupaten bantul gendruwo wanderingjava

Barisan pawai keluar dari lapangan dan menyusuri jalan ke arah barat. Saya hanya ngetem di jalur ini karena tas bawaan saya berat — penuh peralatan untuk memotret lanskap dan laptop. Walaupun peserta pawai ini “elit”, tetapi warga antusias. Yang paling ramai dan seru adalah saat gunungan dijarah.

pawai hari jadi kabupaten bantul gunungan dijarah wanderingjava

Ada juga maskot Nyi Blorong, yang terlihat dari sosok ular naga. Beberapa kelompok jathilan juga ada. Saya senang saat mereka menari karena musik dan gerakannya rancak. Di barisan paling belakang, ada kendaraan hias yang sepertinya dari komunitas keturunan India.

pawai hari jadi kabupaten bantul nyi blorong wanderingjava

Saya tidak hafal ada berapa kecamatan yang ikut Pawai Hari Jadi Kabupaten Bantul ke-187 ini. Saya hanya tahu beberapa, yaitu: Piyungan, Banguntapan, Bambanglipuro, Pandak, Jetis, Srandakan, Dlingo, Sanden, Kretek, Patalan, Pajangan, Sedayu.