Menu

Kiper Liverpool Alisson Becker: Lubang Terakhir

Kiper Liverpool Alisson Becker menjadi penambal lubang terakhir di sektor pertahanan.

Bukan hanya di atas kertas, melainkan juga sudah terbukti di lapangan. Kelemahan Liverpool musim lalu adalah sektor pertahanan, terutama di posisi bek tengah dan penjaga gawang. Soal menyerang, tak ada yang baal meragukan trisula Mane – Firmino – Salah.

kiper liverpool alisson becker

Sumber: Liverpoolfc.com.

Virgil van Dijk baru datang saat transfer tengah musim. Sehingga, van Dijk agak “terlambat” menambal lubang itu. Walapun begitu, tak bisa dilupakan juga kontribusinya. Ia tetap sukses membantu Liverpool ke final Champions League dan finish di urutan empat Premier League.

Menjelang musim 2018/2019, kharisma Jurgen Klopp dan caranya membangun Liverpool mulai bisa memengaruhi keputusan para pemain kelas atas yang diincarnya. Untuk menambah kedalaman lini tengah, ia berhasil meyakinkan Naby Keita, Fabinho, dan Xerdan Shaqiri. Meskipun kurang cemerlang di Stoke, Shaqiri bersinar selama Piala Dunia 2018.

Proses Transfer Kiper Liverpool Alisson Becker: Sepi

Kejutan besar muncul di minggu ketiga Juli 2018 saat Alisson Becker, kiper AS Roma dan nomor 1 di tim nasional Brasil, diperkenalkan sebagai pemain baru Merseydie merah dengan nilai transfer 67 juta poundsterling. Kiper Liverpool Alisson Becker menandakan bahwa sedikit demi sedikit, lubang-lubang di pertahanan mulai ditambal oleh Klopp tanpa melalui proses yang menghebohkan dunia sepak bola.

Sebelum Alisson menandatangani kontrak, memang ada selentingan yang santer karena Karius semakin mengkhawatirkan. Setelah melakukan kesalahan fatal di final Champions League, kiper asal Jerman itu kembali melakukan kesalahan dalam laga pra-musim. Kedatangan Alisson menumbuhkan harapan baru bagi fans Liverpool.

Dalam soal kehebohan, proses transfer kiper Liverpool Alisson Becker mirip dengan proses Fabinho. Seperti tiba-tiba saja dan tanpa dinyana-nyana Liverpool mengumumkan kedatangan pemain baru. Yang menarik ditunggu adalah Nabil Fekir. Gelandang tim nasional Prancis asal klub Lyon yang sempat melakukan tes medis tetapi kemudian dibatalkan prosesnya lantaran lututnya dianggap bermasalah.

Posisi selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah posisi bek tengah. Van Dijk dengan nilai transfer 70-an juta poundsterling sudah menunjukkan diri sebagai pemimpin yang dibutuhkan di pertahanan. Dejan Lovren bersinar saat bermain untuk Kroasia di Piala Dunia 2018. Sebenarnya, Lovren masih bisa diandalkan tetapi harus konsisten. Nah, konsistensi itu bisa dibangun dari kemitraan intensif dengan Van Dijk.

Kalaupun memang masih ada pemain baru yang diharapkan, mungkin Nabil Fekir paling cocok. Karena, ia bisa bermain seperti Coutinho yang berguna saat menghadapi tim yang parkir bus.

Soal kiper Liverpool Alisson Becker, ia memang baru mencatatkan 81 caps di klub dan tim nasional, dan pengalamannya tentu masih kurang karena usianya baru menjelang 26 tahun. Terlebih lagi, ia belum berpengalaman di Premier League. Berbeda dari rekan senegaranya, Ederson, yang sudah berpengalaman bersama Manchester City.

Tetapi, feeling Klopp biasanya tidak pernah salah dalam soal transfer pemain. Ia berhasil membeli Andy Robertson dan Alex-Oxlade Chamberlain kemudian mentransformasi kedua pemain itu menjadi para pemain mengerikan. Klopp akan mampu melakukan hal yang sama dengan Fabinho, Keita, dan Alisson.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *