Menu

Tentang Blog Ini

Nama saya An Ismanto. Biasanya dipanggil “An” atau “Simbah”. Saya pekerja lepas serabutan: menulis, menyunting, menerjemahkan—semua yang terkait dengan bahasa. Blog ini berisi resensi buku, fiksi, esai, catatan perjalanan, foto, video, dan sebagainya dengan tema berbagai-bagai: sekelumit dari perlawatan yang, dalam hemat saya, patut diberitakan kepada dunia.

Saya suka frasa Wandering Java karena sekilas mirip dengan frasa wandering Jew.

Kaum Yahudi (Jew) terusir dari tanah leluhur dan terpaksa bergentayangan di seluruh penjuru bumi. Mereka dimusuhi oleh umat dua agama besar: Kristen dan Islam. Umat Kristiani menganggap leluhur Yahudi menyebabkan Yesus disalib sementara umat Muslim menuduh bangsa Yahudi merebut tanah milik orang Palestina.

Tentu, saya tak ingin dibenci lantaran kesalahan leluhur atau lantaran apa pun. Saya hanya tertarik dengan situasi Yahudi yang sulit itu. Dalam keadaan terimpit—ditolak dan direndahkan di mana-mana—mereka dipaksa menjadi kreatif agar dapat bertahan. Albert Einstein dan Franz Kafka adalah dua di antaranya. Kreativitas seperti itulah yang, saya harap, bisa saya tiru.

Dan langkah pertamanya adalah dengan berkelana, baik secara fisik dan intelektual maupun mental—serta spiritual. Atau, barangkali, lebih tepatnya: “bergentayangan”, karena memang saya kerap berjalan tak tentu arah, bergantung ke mana mood berembus. Cara seperti ini memang membuat saya seperti kabur kanginan, tapi saya jadi tahu beberapa hal dan tempat.

Sebagian dari beberapa hal dan tempat itu sempat saya tulis di blog Lake-innisfree.blogspot.co.id (yang kini sudah almarhum). Tapi sebagian sangat besar tetap tersimpan dalam ingatan dan alam bawah sadar. Karena itulah saya membuat blog ini untuk mencatat dan sekaligus berbagi cerita tentang seberapa pun yang dapat saya catat dari beberapa hal dan tempat itu.

Selamat membaca.